Saturday, July 14, 2012

Persaingan Sengit program Ramadhan di Televisi, Masih Andalkan Program Lama

RAMADHAN hampir tiba. Tentu papan persaingan rating acara televisi pun berubah. Tak lagi hanya program yang tayang di primetime yang akan bersaing di top sepuluh besar, namun juga akan dimeriahkan oleh program-program sahur yang selama ini juga banyak menyedot perhatian. Beberapa program lama seperti Para Pencari Tuhan yang selama ini menjadi andalan SCTV masih akan tayang. Dimana pada Ramadhan kali ini, PPT sudah memasuki season keenamnya. Sementara itu, RCTI asih mengandalkan sinetron Ramadhan untuk menarik simpati penonton melalui sinetron Islami Dalam Mihrab Cinta. Trans 7 masih setia dengan program sahurnya yang bertajuk Sahurnya OVJ. Serta Trans TV yang masih mengandalkan komedi untuk program sahurnya yang bertajuk Waktunya Kita Sahur. Lantas bagaimana dengan program andalan stasiun-stasiun televisi lainnya? Simak penuturannya di bawah ini.
Mengambil tema "Semarak Ramadhan 2012", Indosiar memperkaya seluruh tayangannya dengan 11 program baru spesial Ramadhan yang terbagi dalam 5 segmen.

"Indosiar ingin menampilkan program yang tidak hanya bersifat tontonan, tapi juga tuntunan. Karena itu, kita membuat program yang pastinya bermanfaat bagi pemirsa," jelas Manajer Produksi Program Indosiar, Ayi Farid saat menggelar jumpa pers di Nutz Culture, Senayan City, Jakarta Selatan, Kamis (12/7). Lima segmen yang digarap Indosiar untuk meramaikan suasana Ramadhan meliputi sinetron Ramadhan, magazine documentary, musik religi, tausiyah, dan komedi religi.

Di segmen sinetron Ramadhan, Indosiar merilis sinetron "Sembilan Wali", Nada dan Syiar Ramadhan', dan sinetron spesial "Saranghae I Love You" yang dibintangi Revalina S Temat dan artis Korea, Tim Hwang.

Di jajaran magazine documentary, ada "Rangkaian Jalan Hikmah bersama Ustadz Solmed", "Jelajah Masjid", "Catatan Harian Santri", dan "Muhibah Pesantren". Sedangkan program "Nada dan Dakwah Bareng Teamlo" mengisi segmen musik religi.

Tak ketinggalan, segmen komedi religi yang menampilkan grup lawak Srimulat di program 'Sahur Bersama Srimulat' semakin melengkapi semarak Ramadhan 1433 H.

"Kami berharap sebelas program yang kami hadirkan bisa menemani pemirsa di rumah dalam menjalankan ibadah puasa sebaik mungkin," harap Ayi.

Stasiun MNCTV telah siap dengan sederet program religi unggulannya yang dibungkus dalam tema "Berkah Cinta Ramadhan". Berbagai tayangan, mulai dari sinetron, serial animasi anak, hingga sajian musik berkualitas siap dihadirkan sepanjang bulan suci hingga tiba hari kemenangan.

Gerbong "Berkah Cinta Ramadhan" akan mulai hadir pada 20 Juli mendatang. Di antaranya lewat tiga drama unggulan, seperti "Kami Bukan Malaikat", "Si Alif", dan "Tendangan Si Madun Season 2". Lewat program "Simfoni Religi, lantunan musik dengan balutan mini orcestra akan dihadirkan oleh penyanyi-penyanyi kenamaan dari Indonesia maupun luar negeri. Antara lain Yuni Shara, Syahrini, The Virgin, Rossa, Armada, Ridho & Sonet2, dan grup nasyid asal negeri Jiran, Raihan. Sementara, guna menambah pengetahuan ummat tentang riwayat sahabat Nabi Muhammad SAW, disuguhkan tayangan "Wisata Ziarah" serta "Kultum Mutiara Ramadhan".

Yang membuat Ramadhan di MNCTV tahun ini terasa lebih spesial adalah kehadiran film kolosal "Omar" yang didukung oleh ratusan aktor dan aktirs dari 10 negara. Tontonan dengan latar belakang sejarah Arab dan Islam ini akan tayang mulai 21Juli 2012, setiap hari, pukul 3.45 WIB.

“Omar adalah film kolosal yang istimewa, kami merasa beruntung bisa mendapatkan film ini untuk tayang di sini. Serial Omar akan tayang berbarengan di negara asalnya, Dubai,” papar Nana Putra, Managing Director MNCTV, dalam jumpa pers di Ritz Carlton Hotel, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/7).

“Kami berharap sajian 'Berkah Cinta Ramadhan' ini dapat menambah khasanah pengetahuan ke-islaman, sekaligus meningkatkan kekhusyukan pemirsa dalam menjalankan ibadah puasa.”

Sepanjang Ramadhan tahun ini, ada enam program baru yang dipersiapkan Trans TV untuk memanjakan pemirsa setianya. Semua program yang disajikan diklaim ringan, penuh gelak tawa dan canda.

"Kami mengedepankan unsur tayangan yang menghibur selama Ramadhan. Tahun kemarin, program-program sejenis itu meraih hasil yang maksimal," ujar Head Of Marketing PR Trans TV, Hadiansyah Lubis saat menggelar jumpa pers di Gedung Trans TV, Jakarta Selatan, Kamis (12/7).

Program tersebut antara lain Ngabuburit, Sketsa Ramadhan, Tabligh Akbar, Pulang Kampung, Jika Aku Menjadi Ramadhan, dan Waktunya Kita Sahur.

Seperti tahun lalu, program "Waktunya Kita Sahur" juga disiapkan untuk menemani pemirsa di saat sahur. Para pendukungnya masih sama, diantaranya Olga Syahputra, Adul, Cagur, dan lain-lain.

"Tapi untuk program Waktunya Kita Sahur tahun ini akan kami refresh dengan beberapa pemain tambahan. Akan libatkan bule-bule seperti Jono dan Tyson. Raffi Ahmad dan Jessica Iskandar juga ikut main," tambah Hadi berpromosi. Jelang buka puasa, program Ngabuburit yang dipandu Budi Anduk, Oppie Kumis, Ruben Onsu, dan Soimah akan menemani pemirsa mulai pukul 17.00 - 18.00 WIB setiap hari.

Menyambut bulan suci Ramadhan, ANTV juga telah menyiapkan sajian spesial untuk pemirsanya. Melalui paket bertajuk "Ramadhan Maharaya", ANTV berkomiten berbagi kegembiraan sekaligus nilai-nilai religius mulai dari waktu sahur hingga berbuka. Kali ini ANTV akan menggunakan Mamah dedeh sebagai andalan syiar Ramadhannya. Sebelumnya, Mama Dedeh menjadi andalan Indosiar di bulan Ramadhan. Di waktu sahur, tiga program yang disajikan yakni Ramadan di Masjidil Haram, Sahur Bareng Mamah, dan Mamah Dedeh Keliling Masjid.

Ramadan di Masjidil Haram merupakan program religi yang berisi dokumenter perjalanan mengenai situasi di Arab Saudi selama bulan puasa, termasuk live report Tarawih di Masjidil Haram dan sekitarnya. Program tersebut juga akan mengupas tempat-tempat bersejarah, makanan-makanan khas serta kebiasaan masyarakat di negara itu.

Dijadwalkan tayang setiap hari pukul 02.00-03.00, mulai 19 Juli 2012, Ramadan di Masjidil Haram juga disiapkan untuk menghibur warga negara Indonesia yang tinggal di Arab Saudi dengan memberikan mereka kesempatan menelpon keluarga maupun kerabat di Tanah Air. Sahur Bareng Mamah yang tayang setiap hari pada waktu sahur (03.00-04.30) menampilkan kegiatan Mamah Dedeh dan Abdel menjamu para tamu untuk sahur bersama. Mereka berdua akan menyambut para narasumber dhuafa untuk berbagi cerita bersama, dengan ditemani bintang tamu yang akan memberikan kejutan spesial, seperti mendatangkan keluarga yang sudah lama tidak bertemu atau membelikan tiket pulang kampung.

Dalam program tersebut, perjalanan hidup para narasumber diliput secara lebih dekat oleh seorang 'host' muslimah yang akan berpetualang menemukan kehidupan lain di Jakarta. Mamah Dedeh juga akan mendengarkan para pemirsa yang ingin 'curhat' sekaligus memberi tausyiah sesuai dengan tema. Sementara, program Mamah Dedeh Keliling Masjid merupakan program talk show (bincang-bincang) agama Islam yang ditayangkan secara rekaman dengan format dialog antara Mamah Dedeh, Abdel, bintang tamu, dan jamaah. Dijadwalkan tayang Senin-Minggu setiap pukul 06.30-07.30, mulai, 20 Juli 2012, program tersebut mengangkat tema tentang keseharian dalam menghadapi dan menjalani puasa seperti sepuluh hari pertama hingga ketiga pada bulan Ramadan, hal-hal yang membatalkan puasa, zakat, malam Lailatul Qodar, Idul Fitri, dan lain-lain.

Mamah Dedeh Keliling Masjid juga menghadirkan bintang tamu yang terdiri dari artis atau figur publik. Pemirsa di rumah diajak mendengar pengalaman artis yang disesuaikan dengan materi tema per episode, dilanjutkan tausiyah, dan tanya jawab. Selama bulan suci Ramadan, ANTV juga akan menghadirkan program-program lain seperti reality religi Man Jadda Wajada, Pesbukers, Seleb Berbagi, Chatting dengan YM, dan Tabligh Akbar Bersama Ustadz Yusuf Mansur.

Jelang waktu berbuka, dua amunisi yang dipersiapkan ANTV di antaranya program Man Jadda Wajada dan Pesbukers. Man Jadda Wajada mengusung konsep reality religi yang mengangkat petualangan Nizan dan ustadz Zacky Mirza selama bulan Ramadhan. Nizam akan dihadapkan pada masalah sosial kemasyarakatan yang terjadi sehari-hari. Di tengah petualangannya, Nizam akan bertemu ustadz Zakcky yang selalu memberikan nasihat dan pedoman Islam. Program ini akan tayang mulai 16 Juli 2012, setiap Senin-Selasa, pukul 16.00 - 17.00 WIB.

Tiba di jam tayang utama (prime time), ANTV menghadirkan program terbarunya, yaitu Chatting dengan YM, Seleb Berbagi, dan Tabligh Akbar bersama Ustadz Yusuf Mansur. Chatting dengan YM, dari namanya masyarakat mungkin langsung terpikir dengan cara berkomunikasi atau mengobrol lewat dunia maya. Program ini sesungguhnya menyajikan talkshow entertainment religi dengan tema yang berbeda setiap episodenya. YM sendiri merupakan singkatan dari Yusuf Mansur, selaku pembawa acara yang sekaligus penyampai materi.

Chatting dengan YM tayang mulai 16 Juli 2012 setiap Senin-jumat , pukul 21.00-22.00 WIB.
Kepedulian para musisi ternama terhadap mereka yang bernasib kurang beruntung akan terlihat di program Seleb Berbagi. Mereka bakal mengumpulkan uang dengan cara mengamen di area publik seperti sekolah atau kampus, dimana hasilnya akan disampaikan kepada kaum dhuafa. Tayang setiap Sabtu dan Minggu, pukul 19.00-20.00 WIB, Seleb Berbagi bakal menghadirkan musisi yang berbeda-beda di setiap episodenya.

Untuk Ramadhan tahun ini, ANTV memang memiliki stok program religi yang cukup beragam. Bahkan lebih dari 50 persen dari keseluruhan program ANTV nantinya diisi oleh tayangan-tayangan yang bernapaskan Islam.

"Tahun ini, dari 24 jam penayangan, lebih dari 50 persen adalah program religi," sebut Zoraya Perucha selaku General Manager Corporate Communications ANTV, dalam jumpa pers Rabu (11/7).

SCTV kembali menghadirkan program-program unggulan. Program-program unggulan yang disiapkan SCTV masih berkutat dengan serial unggulan Para Pencari Tuhan Jilid 6 dan SM*SH Ngabuburit. Dua program tersebut, memuncaki rating tertinggi dalam tayangan yang disiarkan oleh SCTV.

"Kalau serial PPT Jilid 6 itu kan memang idola pemirsa ya, SM*SH Ngabuburit juga ratingnya tinggi sekali dari Ramadhan tahun lalu," jelas Direktur Program dan Produksi SCTV, Harsiwi Achmad saat menggelar jumpa pers di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (9/7).

Selain dua program tersebut, Harsiwi menambahkan, SCTV juga sudah menyiapkan beberapa program unggulan lain. Seperti, sinetron Ramadhan berjudul Insya Allah Ada Jalan yang dibintangi oleh Maher Zain dan Fadli 'Padi'.

Mutiara Hati, Sabarrr dan program baru besutan Dicky Chandra berjudul Pengen Jadi Orang Bener juga akan ditampilkan SCTV sebagai program spesial Ramadhan tahun ini.

"Ini memang menjadi motivasi SCTV untuk memberikan lagi program Ramadhan yang lebih istimewa lagi tahun ini. Karena memang program Ramadhan SCTV paling diminati dan disukai oleh pemirsa kami," tambahnya. Program spesial 'Ramadhan Istimewa' SCTV akan ditayangkan mulai 14 Juli 2012.

TRANS7 tak ketinggalan mempersiapkan sederet program spesial untuk menemani pemirsanya selama Ramadhan 1433 H. Program komedi Opera Van Java dengan tema OVJ Sahurnya Indonesia, masih jadi menu utama di waktu sahur. Sajian lain yang juga siap disuguhkan antara lain Bukber, Musafir, Jazirah Islam, Khazanah, Khalifah, Karimah dan Kain Ihrom. Bukber akan menemani momen berbuka puasa dengan adanya tausyiah dan ceramah interaktif dari ustadz-ustadz ternama seperti Ustadz Jefri, Wijayanto, Jujun Junaedi dan Mahfud MD.

Program yang dipandu oleh Andre Taulany dan Wendy Cagur ini juga akan menampilkan Saung Sule, dimana Sule dan putranya, Rizky akan menampilkan potret kehidupan sehari-hari dan pemecahannya dalam kemasan komedi.

Bukber juga akan menayangkan adzan secara live dan akan ditayangkan sejak 20 Juli 2012 ini, setiap hari pukul 17.00 WIB. Waktu sahur akan terasa lebih hangat dengan hadirnya suasana tawa yang dibawa oleh program OVJ Sahurnya Indonesia.

Menampilkan keceriaan Sule, Parto, Andre, Aziz Gagap dan Nunung, program ini akan ditayangkan sejak 20 Juli 2012, setiap hari pukul 02.30 WIB. Setelah Sahur, program-program yang menampilkan sejarah penyebaran agama Islam, kehidupan muslim di luar negeri dan ensiklopedia Islam ditampilkan dalam Musafir, Jazirah Islam dan Khazanah sejak 20 Juli 2012 setiap Senin sampai Jumat mulai Pkl.04.30 WIB .
Mengawali aktivitas di akhir pekan setelah sahur, Khalifah hadir sejak 21 Juli 2012 setiap Sabtu dan Minggu pukul 04.30 WIB yang akan menampilkan kisah tokoh-tokoh Islam yang memiliki andil besar dalam penyebaran syi’ar dan mengokohkan fondasi Islam di dunia.

Setelah itu, liputan-liputan mengenai fashion bagi wanita muslimah yang up to date namun tetap memenuhi aturan ajaran Islam akan ditampilkan dalam program Karimah setiap Sabtu dan Minggu pukul 05.00 WIB.
Kerasnya perjuangan dalam memenuhi kebutuhan hidup tidak lantas membuat para ’pejuang’ ini melupakan kewajibannya dalam beribadah. Meski secara ekonomi mereka belum sanggup, namun mereka ingin sekali menunaikan ibadah umroh. Program Kain Ihrom yang ditayangkan sejak 20 Juli 2012, setiap Jumat, Sabtu dan Minggu pukul 16.00 WIB ini akan mempertemukan mereka dengan para donatur yang bersedia membiayai biaya umroh.

***
Well, banyak pilihan kan? Yang mana akan jadi pilihan Anda? Anda sendiri yang akan menentukan.

Lihat Juga Artikel TV lainnya di bawah ini :)

No comments:

Silahkan Masukan Kritik dan Saran Anda Melalui Account Facebook Anda

Random Post